-
Selamat Datang di Halaman Resmi Pemerintah Desa Bancak , Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Bancak untuk seluruh masyarakat

Rabu, 27 November 2019

Sadranan/ haul mbah Cuwo bersama ibu Nyai Hj.Mutmainah.A.H. dari Limbangan Kendal


Salah satu tradisi masyrakat jawa melakukan kegiatan “nyadran”. Nyadran merupakan serangkaian budaya berupa pembersihan makam leluhur, tabur bunga dan puncaknya berupa kenduri selamatan di makam leluhur.
Pada dasarnya tradisi “nyadran” berasal dari Hindu-Budha tentang pemujaan roh yang dalam agam islam dilarang karena dinilai musyrik. Para wali datang untuk menyelaraskan dan  mengisinya dengan ajaran Islam, yaitu dengan pembacaan ayat Al-Qur’an,tahlil, dan doa.

Kamis, 24 Oktober 2019 pukul setengah 8 Pagi lalu bertempat di Makam Mbah Cuwo Dsn Ngentak Desa Bancak diadakan pengajian sadranan untuk Birrul Walidain . Acara pertama adalah diba’an dan shalawatan bersama, selanjutnya sambutan-sambutan oleh ketua panitia dan Bapak Pj. Kepala Desa Bancak Supriyadi. Kemudian ceramah yang diisi oleh Ustdzah Nyai Hj.Mutmainah.A.H. dari Limbangan Kendal , dalam ceramah tersebut beliau menyampaikan pentingnya meneruskan budaya “nyadran” ke generasi muda serta mengirim doa kepada para leluhur. Acara yang terakhir adalah tahlil yang dipimpin oleh Bapak Kyai Nur Kholis. Semoga tradisi tersebut tetap menjadi perhatian semua warga Dusun Ngentak khususnya anak muda sebagai agen penerus.


0 komentar:

Posting Komentar